Selamat datang di MGMP TIK-SMP Kecamatan Cipayung

NASKAH PELATIHAN TIK

SELAMAT DATANG

PARA PESERTA

PELATIHAN SEHARI
UNTUK MENINGKATKAN MUTU
DAN KINERJA GURU TIK SMP
JAKARTA TIMUR
SMP NEGERI 81
JL. MONUMEN PANCASILA SAKTI LUBANG BUAYA
JAKARTA TIMUR
SELASA, 03 JUNI 2008
PENGENALAN INTERNET
TUTORIAL OLEH :
Nurlan Sarasiah Daulay, SE
Internet
Internet (Inter-Network) adalah sebutan untuk sekumpulan jaringan komputer yang menghubungkan situs akademik,pemerintahan,komersial, organisasi maupun perorangan.
Internet menyediakan akses untuk layanan telekomunikasi dan sumber daya informasi untuk jutaan pemakainya yang tersebar di seluruh dunia. Layanan internet meliputi komunikasi langsung (email, chat), diskusi (Usenet News, email, milis), sumber daya informasi yang terdistribusi (World Wide Web, Gopher), remote login dan lalu lintas file (Telnet, FTP), dan aneka layanan lainnya.

Apa itu Internet
Gabungan jaringan-jaringan komputer di seluruh dunia
Menggunakan topologi mesh, seperti sarang laba-laba (web)
Menggunakan protokol TCP/IP

Lahirnya Internet
Internet diciptakan untuk mengantisipasi perang dingin
Berorientasi militer
Merupakan jaringan komputer yang dirancang sangat handal
Tidak bergantung ke satu host saja.

Mengapa menggunakan Internet
Cepat
Perpustakaan terbesar di dunia
Relatif murah
Real time
Cukup aman

Layanan Internet

Internet mail, E-mail
HTTP (HyperText Transfer Protocol)
Internet Relay Chat, Instant Messaging, IRC
Internet News dan mailing list
File transfer protocolWorld Wide Web
Mailing List
Newsgroup

Cara koneksi internet

Dial Up
Leased Line
Wireless LAN
VSAT
DSL, TV-Cable

Dial Up
Cara yang paling umum untuk mengakses Internet
Cocok untuk pemakaian kecil

Leased Line
Saluran telepon atau kabel fiber optik yang disewa untuk penggunaan selama 24 jam sehari untuk menghubungkan satu lokasi ke lokasi lainnya. Internet berkecepatan tinggi biasanya menggunakan saluran ini.
Biasanya memberikan layanan 24 jam sehari
Lebih mahal ( biasanya lebih dari 5 juta rupiah per bulan)
Biasanya memberikan tarif flat-rate (unlimited access/ tagihan tidak bergantung pemakaian)
Biasanya memberikan kualitas yang lebih terjamin dibandingkan dengan dial up

Wireless LAN
Jaringan komputer yang jaringannya hanya mencakup wilayah kecil; seperti jaringan komputer kampus, gedung, kantor, dalam rumah, sekolah atau yang lebih kecil.
Jaringan lokal nirkabel atau WLAN adalah suatu jaringan area lokal nirkabel yang menggunakan gelombang radio sebagai media transmisinya: link terakhir yang digunakan adalah nirkabel, untuk memberi sebuah koneksi jaringan ke seluruh pengguna dalam area sekitar. Area dapat berjarak dari ruangan tunggal ke seluruh kampus. Tulang punggung jaringan biasanya menggunakan kable, dengan satu atau lebih titik akses jaringan menyambungkan pengguna nirkabel ke jaringan berkabel.
Alternatif murah dari leased line
Biasanya memberikan layanan sekelas leased line, dengan harga yang lebih murah

VSAT
Very Small Aperture Terminal adalah stasiun penerima sinyal dari satelit dengan antena penerima berbentuk piringan dengan diameter kurang dari tiga meter. Fungsi utama dari VSAT adalah untuk menerima dan mengirim data ke satelit. Satelit berfungsi sebagai penerus sinyal untuk dikirimkan ke titik lainnya di atas bumi.
1.Merupakan alternatif untuk daerah yang belum terjangkau oleh sistem lainnya
2.Sangat mahal untuk penggunaan personal
3.Khusus untuk Indonesia, tidak terlalu mahal untuk penggunaan besar

Pengenalan Internet
Interconnected Network - atau yang lebih populer dengan sebutan Internet - adalah sebuah sistem komunikasi global yang menghubungkan komputer-komputer dan jaringan-jaringan komputer di seluruh dunia.
Setiap komputer dan jaringan terhubung - secara langsung maupun tidak langsung - ke beberapa jalur utama yang disebut internet backbone dan dibedakan satu dengan yang lainnya menggunakan unique name yang biasa disebut dengan alamat IP 32 bit.
Contoh: 202.155.4.230
Komputer dan jaringan dengan berbagai platform yang mempunyai perbedaan dan ciri khas masing-masing (Unix, Linux, Windows, Mac, dll) bertukar informasi dengan sebuah protokol standar yang dikenal dengan nama TCP/IP (Transmission Control Protocol/Internet Protocol).
TCP/IP tersusun atas 4 layer (network access, internet, host-to-host transport, dan application) yang masing-masing memiliki protokolnya sendiri-sendiri.

Bila anda mempunyai Komputer minimal prosessor 486, Windows 95, Modem, dan line telepon, maka anda telah bisa bergabung dengan ribuan juta komputer lain dari seluruh dunia dan mengakses harta karun informasi di internet.

Interaksi Secara Elektronis
e-Commerce (electronic-Commerce)
e-Banking (electronic-Banking)
e-Government (e-Government)
e-Learning (e-Learning)

Web Browser
Pengenalan Browser
WWW adalah layanan yang paling sering digunakan dan memiliki perkembangan yang sangat cepat karenadengan layanan ini kita bisa menerima informasi dalam berbagai format (multimedia). Untuk mengakses layanan WWW dari sebuah komputer (yang disebut WWW server atau web server) digunakan program web client yang disebut web browser atau browser saja. Jenis-jenis browser yang sering digunakan adalah: Netscape Navigator/Comunicator, Internet Explorer, NCSA Mosaic, Arena, Lynx, dan lain-lain.

Surfing/Browsing
Surfing merupakan istilah umum yang digunakan bila menjelajahi dunia maya atau web. Tampilan web yang sangat artistik yang tidak hanya menampilkan teks tapi juga gambar-gambar yang di tata sedemikian rupa sehingga selalu membuat betah netter untuk surfing berjam-jam. Karena itu para netter harus sangat memperhitungkan rencana web mana saja yang akan dikunjungi atau batasi informasi yang ingin diakses, karena bila tidak netter akan tersesat kedalam rimba informasi yang maha luas.

Web Browser
Langkah-Langkah dalam Browsing
1.Klik double pada icon Internet Explorer.
2.Pastikan nama situs yang akan Anda browsing, mis. Situs pemerintah yaitu depdiknas
3.Ketikkan nama situs tersebut (http://depdiknas.go.id) pada kolom address.
4.Tekan 'enter'. Atau klik tombol ’Go’
5.Tunggu beberapa saat hingga tampilan keseluruhan selesai dan tertulis 'Done' di Status Bar.
6.Jika ingin membuka halaman baru dengan page yang sama, dapat dilakukan dengan cara: klik File pada menu, klik New, dan klik Window. Atau dengan Menekan tombol Ctrl+N
7.Jika sudah selesai, Internet Explorer ditutup dengan cara mengklik 'Close' pada menu files

Menyimpan Web Pages

Untuk menyimpan data di situs yang sedang terbuka bisa dilakukan dengan 3 cara :
1.Simpan ke hard disk dengan meng-klik menu File, Save As (dan dipilih folder untuk penyimpanan) dan Save (dan anda bisa membukanya kembali di rumah/rental sesuai dengan asliny)
2.Bila anda hanya membutuhkan text-nya saja dan imagenya nggak perlu (file yang dihasilkan dengan penyimpanan cara (1) sangat besar) maka anda bisa mengambil teksnya saja dengan cara : High light (sorot) text-nya copy (Ctrl+C) dan pastekan (Ctrl+V) di Ms Word.
3.Bila anda seorang programmer komputer yang menginginkan program asli dari tampilan website tsb. Klik kanan teks tsb, akan muncul Menu Pop Up Buka kode html-nya dengan klik View Source Source Code Akan muncul pada NotePad, kemudian simpan filenya dengan : File , Save, Pada file name, ganti extension file txt dengan htm.

Search Engine
Search engine adalah salah satu fasilitas internet yang dijalankan melalui browser untuk mencari informasi yang kita inginkan. Search engine menampung database situs-situs dari seluruh dunia yang jumlahnya milyaran halaman web, cukup dengan memasukkan kata kunci-nya maka search engine akan menampilkan beberapa link situs yang disertai dengan keterangan singkat.

Langkah mengaktfikan dan menggunakan search engine Google:
Akan diberikan contoh situs yang paling handal dan yang paling sering dipakai yaitu google. Buka browser dan buka www.google.com

Search Engine
Langkah mengaktfikan dan menggunakan search engine Google:
Pada kolom ketikkan kata kunci informasi yg ingin dicari mis. pertanian
Tekan Enter atau klik tombol Mesin Cari Google (Google Search)
Situs search engine tsb akan menampilkan maksimal 10 link situs yang berkaitan dengan kata kunci.
Pilih link yang menurut anda tepat dengan cara mengerakkan mouse pada halaman web, bila tanda mouse berubah mejadi gambar tangan pada text atau gambar tertentu, itu menandakan bahwa teks atau gambar tersebut merupakan link, kalau kita klik link tersebut, maka halaman akan berganti sesuai dengan link yang kita klik.
Apakah halaman web yang terbuka menyajikan informasi yang kita cari, bila ya simpan, bila tidak maka kembali lagi ke halaman sebelumnya dengan meng-klik ikon back.

Email (Electronic Mail)
1.Klik browser Internet explorer atau yang lain.
2.Klik alamat yang di inginkan misalkan http://mail.yahoo.com (seperti terlihat pada gambar di bawah ini)

3.Kemudian klik SIGN UP NOW
4.Setelah tampilan berikutnya terbuka anda dapat mengisi formulir yang telah tersedia. Seperti gambar pada slide berikut.
5.Kemudian setelah formulir terisi kliklah SUBMIT THIS FORM

Email (Electronic Mail)
Membuka dan Mengirim Email

Setelah anda mendaftar dan memiliki ID di yahoo.com anda dapat membuka dan mengirim E-mail.
Membuka Email

1.Klik browser Internet explorer atau yang lain.
2.Ketik alamat http://mail.yahoo.com
3.Masukkan Yahoo ID dan Password lalu tekan Sign In

4.Setelah itu klik Check E-Mail.
5.Klik Inbox
6.Klik Subject E-mail yang ada pada inbox

Milis (Mailing List)

Mailing list merupakan satu salah fasilitas internet untuk berdiskusi melalui email, kelompok diskusi mailing list ada banyak sekali dan dibagi menjadi 2 kategori:

1.Berdasarkan topik, topik mailing list beraneka ragam mulai dari tentang hobby memelihara ikan sampai penelitian tentang NASA, biasanya mailing list ini terbuka untuk umum.
2.Berdasarkan kelompok tertentu, misalnya mailing list Medan-Linux, HMI, Alumni-Binus, KAMMI, PK-Sejahtera, PAN, , PEMA, BEM, dll. Biasanya mailing list ini tertutup atau hanya untuk anggota saja.

1.Berdasarkan topik, topik mailing list beraneka ragam mulai dari tentang hobby memelihara ikan sampai penelitian tentang NASA, biasanya mailing list ini terbuka untuk umum.
2.Berdasarkan kelompok tertentu, misalnya mailing list Medan-Linux, HMI, Alumni-Binus, KAMMI, PK-Sejahtera, PAN, , PEMA, BEM, dll. Biasanya mailing list ini tertutup atau hanya untuk anggota saja.

1.Via Web
2.Via Email

Membuat Milis Sendiri
1.Buka URL http:// groups.yahoo.com
2.Setelah Muncul Tampilan Seperti diatas maka Klik “ Sign In “ ini jika anda sudah mempunyai account di Yahoo. Jika tidak maka “ Click here to register “ perintahnya sama ketika kita membuat email di Yahoo.com
3.Jika anda ingin membuat Group Milis sendiri maka klik “ Start a new Group! “ dan pilih kategory milis yang ingin kita buat pada Browse Group Categories, sesuaikan dengan choice yang disediakan. Misal : Programming Languages dstnya........
4.Setelah selesai maka klik
5.Masukkan Group Name
6.Masukkan email anda di Enter Your Group Email Address
7.Isikan Describe dari Milis anda berupa Salam pembuka untuk Milis yang dimaksud.
8.Setelah selesai maka klik Continue untuk masuk ke step berikutnya
9.Isi form di atas dan klik Continue
10.Jika berhasil maka akan ditampilkan nama milis yang telah anda buat. Lalu lanjutkan untuk membuat Konfigurasi Milis anda dengan mengklik “ Customize Group” atau jika ingin standart maka langsung saja ajak rekan2 anda untuk bergabung di Milis anda dengan mengklik “Invite People “ .

Membuka dan Menjawab Milis
1.Pada halaman inbox, buka mailing list yang masuk dengan cara meng-klik judul mailing list tsb, ciri email mailing list ilmukomputer adalah judul emailnya diawali dengan Subject:[pertanian] hasil pertanian di indonesia
2.Isi email mailing list akan segera tampil pada halaman web
3.Untuk membalas email tersebut, kilk ikon Reply
4.Selanjutnya akan muncul halaman seperti halaman compose, hanya bedanya pada To, dan Subject sudah ada tulisan, kita tidak perlu merubah kolom tersebut.
5.Ketiklah kata-kata balasannya, kemudian klik Send

Cybercrime (Kejahatan Internet)
Istilah hacker biasanya mengacu pada seseorang yang punya minat besar untuk mempelajari sistem komputer secara detail dan bagaimana meningkatkan kapabilitasnya
Mereka yang sering melakukan aksi-aksi perusakan di internet lazimnya disebut sebagai cracker

Aktifitas cracking
Pembajakan account milik orang lain,
Pembajakan situs web
Probing (menggali lebih jauh dengan menggunakan berbagai pertanyaan lanjutan)
Menyebarkan virus hingga pelumpuhan target sasaran.
DoS (Denial of Services). Dibandingkan modus lain, DoS termasuk yang paling berbahaya karena tidak hanya sekedar melakukan pencurian maupun perusakan terhadap data pada sistem milik orang lain, tetapi juga merusak dan melumpuhkan sebuah sistem








Read Users' Comments (2)

2 Response to "NASKAH PELATIHAN TIK"

  1. widig says:
    2 Juli 2008 pukul 09.06

    Sangat bagus, lumayan bisa sebagai bahan ajar Guru untuk di sampaikan ke Siswa. Tidak usah meringkas lagi. Ditunggu berita selanjutnya. Terimakasih......

  2. SUKANTO says:
    24 Desember 2008 pukul 08.34

    Pak Daulay kalau ada pertemuan boleh dong kita diundang, kunjungi sukanto126.tripod.com, smpn126jkt.blogspot.com

Posting Komentar

Berita Terkini